TARBIYAH MENYEJUKKAN JIWA

Muslimah
Abu Uwais
28 May 2021
TARBIYAH MENYEJUKKAN JIWA

Majelis tarbiyah itu...

Bukan sekedar duduk melingkar dalam sebuah pertemuan pekanan.


Bukan sekedar untuk bertemu dengan teman halaqah.


Bukan pula sekedar datang untuk menggugurkan kewajiban sebagai penuntut ilmu.


Akan tetapi selain itu, ada kebutuhan tersendiri yakni ingin merasakan hangatnya cinta dan damainya jiwa ketika duduk dalam majelis sederhana ini.


Tiap kata yang disampaikan dapat menyejukkan jiwa, bahkan kerap kali ingin menggebrak pintu relung hati yang sudah begitu lama membeku karena terlalu lelap dalam kesenangan terhadap dunia.


Menyelami lautan kehidupan, kadang membuat seseorang akan terjerumus dalam jurang kelalaian dan kesenangan semata. Akan tetapi, dengan tarbiyah bisa mengubah hidup kita. Bahkan, segalanya akan lebih indah dengan tarbiyah. Percayalah..


Tarbiyah merupakan wasilah untuk meraih ridho-Nya, jalan untuk mendapatkan tempat terbaik, yaitu jannah-Nya. Tarbiyah mampu mendidik jiwa agar bisa menjadi pribadi muslimah yang lebih baik, cerdas serta intelektual. Karena tarbiyah bukan hanya datang mendengar kemudian selesai, gugurlah kewajiban sebagai penuntut ilmu. Tidak demikian.


Banyak bumbu-bumbu nasihat yang akan ditaburkan kerelung hati, agar hati bisa terus semangat dan istiqomah dengan majelis-majelis ilmu. Karena tarbiyah bukan hanya tentang ilmu saja. Tapi juga tentang ukhuwah dan cinta serta kasih, untuk selalu berbagi dan melengkapi segala kekurangan. Bagaimana untuk saling mengasihi sesama makhluk. Karena ini bukan hanya tentang aku dan kamu. Tapi ini tentang kita dan kehidupan ummat.


Terkadang, jika sepekan saja kita tak bersua karena kesibukan masing- masing, membuat hati menjadi rindu. Akan tetapi saat bertemu, maka hari itulah sebagai penawar obatnya. Bercerita, berbagi makanan ringan, bahkan sampai curhat-curhatan, ditambah sedikit hafalan sambil menunggu murobbiyah (pengajar) datang dengan wajah yang bahagia sebab majelis yang dirindukan.


Kau mungkin belum tau bagaimana keseruan saat perbaikan bacaan al-qur’an di majelis, atau saat sesi tanya jawab dengan sang murobbiyah. Ada saja pertanyaan yang terkadang menggelitik. Majelis yang sederhana, meneduhkan jiwa, hingga menggetarkan relung hati. Walau terkadang diselingi dengan candaan yang sarat akan nasihat. Itulah tarbiyah.


Percayalah, tidak ada yang sia-sia ketika kita datang duduk sejenak dalam halaqah-halaqah tarbiyah. Walaupun majelisnya sangatlah sederhana, namun Insyaa Allah disana akan melahirkan generasi-generasi yang cerdas dan Rabbani yang bisa menjadi cahaya untuk ummat lainnya.


🖊️Penulis: Nurlaely M Thamrin