Perkuat Aqidah, Wahdah Makassar Gelar Daurah Datangkan Ulama Saudi

Berita
Admin WIM
18 Oct 2022
Perkuat Aqidah, Wahdah Makassar Gelar Daurah Datangkan Ulama Saudi

Makassar-Departemen Dakwah DPD Wahdah Islamiyah Makassar bekerjasama dengan Bagian Kegiatan Kemahasiswaan STIBA Makassar mengadakan kegiatan Yaumul Ilmi setelah jeda pandemi selama 2 tahun, dengan tema "Menuntaskan Matan Aqidah Ushul As-Sunnah", berlangsung  di Masjid Anas bin Malik, Kampus STIBA Makassar dan disiarkan live melalui kanal Youtube STIBA TV. Ahad pagi hingga sore hari, (16/10/2022) dan dilanjutkan usai salat Ashar di hari berikutnya Senin, (17/10/2022).

Kegiatan yang awalnya diagendakan sehari menyelesaikan kitab akidah tersebut menghadirkan Imam dan Khatib Masjid Jami' Ridwan, Dammam-Arab Saudi Syekh Abdullah bin Salim Al-Harbi sebagai pemateri. Sebagai penerjemah dan Ustaz Abdil Mundzir, Lc., M.Ag. yang merupakan Dosen STIBA Makassar. Beliau membawakan materi dari Matan Aqidah Ushul As-Sunnah Karya Imam Ahmad bin Hanbal yang membahas tentang Ushul As-Sunnah yang berlawanan dengan Bid'ah dalam hal Aqidah terkhususnya.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ustaz Muhammad Istiqamah, Lc., M.Ag. selaku Ketua Departemen Dakwah Wahdah Islamiyah Makassar, dalam sambutannya ia mengutarakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

"Yaumul Ilmi ini bertujuan untuk mengembalikan semangat kader-kader kita untuk mengkaji ilmu-ilmu para ulama dari kitab-kitab mereka, dan kita diprogram ini dulu bernama Daurah Mutun Ilmiah yang sekarang kita ganti menjadi Yaumul Ilmi, sehari dengan ilmu, sehari kita menuntaskan satu Matan khusus dari salah satu cabang ilmu yang disusun oleh para ulama," ujarnya.

Kegiatan pertama yang terlaksana setelah pandemi covid-19 dihadiri ribuan civitas akademi STIBA Makassar, baik dosen, maupun mahasiswa beserta kaum muslimin. Terpantau dari empat sesi yang disiarkan melalui kanal YouTube STIBA TV terdapat dari 1,8 ribu viewers namun di sesi 1, dan 3 sesi selanjutnya ada 400an viewers.

Baca Juga