MENJAGA AGAMA DARI MISI MISIONARIS

Naskah Khutbah
Asdar
05 Sep 2024
MENJAGA AGAMA DARI MISI MISIONARIS

JUMAT, 02 Rabiulawal 1446 H / 06 September 2024 M
 Oleh Dr. Muhammad Harsya Bachtiar, Lc., M.A.

Dep. Dakwah DPD Wahdah Islamiyah Makassar

KHUTBAH PERTAMA

 

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ..

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ،  وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ ِبِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّار

أَيُّهَا النَّاسُ رَحِمَكُمُ اللهُ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيَ بِتَقْوَى اللِه فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…

Marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberikan kita nikmat iman, kesehatan, dan kesempatan untuk kembali bertemu dalam ibadah yang mulia ini. Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sebenar-benar takwa, yaitu melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Semoga dengan ketakwaan, kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung di dunia dan akhirat. Salawat dan salam semoga senantiasa terhaturkan kepada baginda Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan para sahabatnya serta kepada setiap pengikutnya yang konsisten menjalankan syariatnya.

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…

Gold, glory dan gospel, itulah misi penjajah bengis yang dahulu kala datang ke tanah Nusantara kita. Misi yang dicetuskan oleh Paus Alexander IV ini selalu kita baca dalam buku-buku sejarah kita dahulu kala. Gold yang berarti emas, glory yang berarti kejayaan dan gospel yang berarti agama menggambarkan tujuan mereka menjajah. Gold yang kemudian mengambil kekayaan-kekayaan alam kita, glory yang kemudian memperbudak penduduk pribumi kita, dan gospel yang kemudian bertujuan memurtadkan penduduk muslim kita.

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…

Fisik para penjajah bengis ini memang sudah tidak bercokol di negeri tercinta kita. Akan tetapi misi mereka masih senantiasa berjalan dan dengan telanjang mata dapat kita saksikan. Mulai dari kekayaan alam kita yang diangkut keluar dan dinikmati asing, kedaulatan dan kejayaan bangsa kita yang masih didikte oleh asing, hingga misi misionaris yang terus berjalan di saat lalainya ummat ini. wallahul musta’an.

Jamaah Jumat yang berbahagia…

Mari kita saling mengingatkan kembali bahwa misi-misi kolonial ini tidak boleh terjadi lagi. Terlebih khusus pada momentum ini kami mengingatkan untuk mewaspadai misi “gospel” yang masih terus dibawa oleh para misionaris dalam upaya menghilangkan indahnya iman dan Islam dari bumi khatulistiwa ini. Al-Qur’an sebagai sumber primer agama telah bersaksi bahwa misi “gospel” ini atau dalam istilah agama pemurtadan, baik secara sadar atau tanpa kita sadari akan selalu ada pengusungnya. Simak firman Allah ta’ala:

وَلَنْ تَرْضٰى عَنْكَ الْيَهُوْدُ وَلَا النَّصٰرٰى حَتّٰى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ اِنَّ هُدَى اللّٰهِ هُوَ الْهُدٰى ۗ وَلَىِٕنِ اتَّبَعْتَ اَهْوَاۤءَهُمْ بَعْدَ الَّذِيْ جَاۤءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللّٰهِ مِنْ وَّلِيٍّ وَّلَا نَصِيْرٍ

Terjemahnya: Dan orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepadamu (Muhammad) sebelum engkau mengikuti agama mereka. Katakanlah, “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya).” Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah ilmu (kebenaran) sampai kepadamu, tidak akan ada bagimu pelindung dan penolong dari Allah. (QS. Al-Baqarah/ 2:120).

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…

Mari kembali kita mengingat bahwa negara kita adalah warisan para ulama kita. Darah mereka mengalir harum dalam memperjuangkan setiap jengkal tanah Indonesia ini. Tetapi lebih dari itu pada hakikatnya bukanlah jengkal tanah yang merupakan warisan termahal mereka tetapi keimanan dan keislamanlah yang menjadi warisan termahal mereka. Inilah warisan kemerdekaan yang paling wajib untuk kita jaga bersama sebagai amanah dari para pendahulu pendiri bangsa kita. Maukah kita membiarkan para penjajah atau antek-anteknya itu sedikit demi sedikit tanpa kita sadari mulai menyingkirkan kumandang azan dari negeri kita?

Jamaah Jumat yang berbahagia…

Kita ingin mengingatkan kembali bahwa berislam adalah keputusan final pada diri kita dan keluarga kita. Kita meyakini bahwa inilah satu-satunya kebenaran yang hakiki di sisi Allah. Allah berfirman:

اِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللّٰهِ الْاِسْلَامُ

Terjemahnya: Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam.  (QS. Ali-Imran/ 3:19).

Dan Allah juga berfirman:

وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Terjemahnya: Dan barangsiapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang merugi.  (QS. Ali-Imran/ 3:85).

Kita juga masih senantiasa meyakini bahwa keberkahan negeri kita ini tidaklah akan datang kecuali dengan ketakwaan kita sebagai orang-orang yang beriman di dalamnya. Kita mengingat kembali firman Allah:

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Terjemahnya: Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka dikarenakan apa yang telah mereka kerjakan.  (QS. Al-A’raf/ 7:96).

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…

Ketahuilah bahwa kemulian kita dan negeri ini ada pada keislaman dan syariat kita. Sejauh apa pun kita berkeliling mencari kemuliaan itu maka pada akhirnya kemuliaan itu ada di depan mata kita sendiri dalam bentuk ajaran Islam dan syariatnya. Hal ini karena sesungguhnya kemuliaan itu hanyalah milik Allah dan Rasul-Nya. Allah berfirman:

وَلِلّٰهِ الْعِزَّةُ وَلِرَسُوْلِهٖ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَلٰكِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ

Terjemahnya: Padahal kemuliaan itu hanyalah milik Allah, Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin, tetapi orang-orang munafik itu tidak mengetahui. (QS.Al-Munafiqun/ 63:8).

Maka marilah kita terus mencari kemuliaan itu dengan senantiasa berpegang teguh pada agama Allah. Allah berfirman:

مَنْ كَانَ يُرِيْدُ الْعِزَّةَ فَلِلّٰهِ الْعِزَّةُ جَمِيْعًاۗ

Terjemahnya: Barangsiapa menghendaki kemuliaan, maka (ketahuilah) kemuliaan itu semuanya milik Allah. QS. Fathir: 10.

Dan janganlah kita berpaling dari agama Allah karena iming-iming “kemuliaan” di mata manusia yang sifatnya fatamorgana, karena manakala kita meninggalkan agama Allah maka kemuliaan itu akan sirna dan kita akan diperdaya oleh orang-orang kafir dan musuh-musuh agama ini. Simak perkataan Umar r.a:

نَحْنُ قَوْمٌ أَعَزَّنَا الله بِالإِسْلاَمِ فَمَهْمَا ابْتَغَيْنَا العِزَّةَ مِنْ دُوْنِهِ أَذَلّنَاَ اللهُ

Artinya: Kita adalah kaum yang dimuliakan Allah dengan Islam. Maka jikalau saja kita hendak mencari kemuliaan dari yang selainnya, maka Allah akan menghinakan kita.

Cukuplah kita melihat keteguhan hati saudara-saudara kita di Gaza Palestina yang tidak pernah bergeser sedikit pun keteguhan imannya dalam mencari kemuliaan meski sudah 11 bulan lamanya mereka dibombardir oleh musuh yang terlaknat. Meski 11 bulan lamanya puluhan ribu syuhada telah syahid di bumi mereka Al-Quds. Meski 11 bulan lamanya seluruh kenikmatan duniawi mereka telah terampas. Iming-iming duniawi yang gemerlap yang dijanjikan kepada mereka apabila mengakui kedaulatan Israel tidak membuat hati mereka silau. Hal ini semua karena mereka tahu bahwa tidak ada kemuliaan di dunia ini dengan tunduk kepada musuh yang zalim dan terlaknat karena sekali lagi kemuliaan itu hanyalah milik Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الكِتَابِ وَالسُّنَّةِ وَنَفَعَنِي وَإِيَاكُمْ بِمَا فِيهِمَا مِنَ العِلْمِ وَالْحِكْمَةِ، قُلْتُ مَا سَمِعْتُمْ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ، إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

KHUTBAH KEDUA

الْحَمْدُ للهِ عَلَىْ إِحْسَاْنِهِ ، وَالْشُّكْرُ لَهُ عَلَىْ تَوْفِيْقِهِ وَامْتِنَاْنِهِ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَاْ إِلَهَ إِلَّاْ اللهُ تَعْظِيْمَاً لِشَأْنِهِ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدَاً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْدَّاْعِيْ إِلَىْ رِضْوَاْنِهِ صَلَّى اللهُ عَلِيْهِ وَعَلَىْ آلِهِ وَأَصْحَاْبِهِ وَإِخوَانِهِ

Kaum muslimin yang berbahagia!

Pada khutbah kedua yang singkat ini, izinkan kami untuk mengingatkan diri pribadi dan kepada para jamaah sekalian untuk memperbanyak dua buah ibadah kepada Allah. Pertama, Mari memperbanyak doa kita kepada Allah, secara khusus untuk keselamatan saudara-saudara kita di Palestina. Karena telah diriwayatkan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa pada hari jumat terdapat satu waktu yang singkat, tidaklah seorang muslim memanjatkan doa kepada Allah pada waktu tersebut melainkan doanya pasti akan diijabah. Kedua, mari memperbanyak salawat dan salam kita kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana firman Allah:

اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمسْلِمَاتِ وَالمؤْمِنِيْنَ وَالمؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَ المُسْلِمِيْنَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَ المُشْرِكِينَ وَدَمِّرْ أَعْدَاءَكَ أَعدَاءَ الدِّيْنَ يَا عَزِيزٌ يَا قَهَّارٌ يَا رَبَّ العَالَمِينَ

اَللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَانَنَا المُستَضْعَفِيْنَ فِي غَزَّة، اَللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَانَنَا الْمُجَاهِدِيْنَ فِي فِلِسْطِيْنَ
 اَللَّهُمَّ أَيِّدْهُمْ بِتَأْيِيْدِكَ، وَاحْفَظْهُمْ بِحِفْظِكَ، يَا قَوِيُّ يَا عَزِيزٌ

اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا يَحُولُ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعَاصِيكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ الْيَقِينِ مَا تُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مُصِيبَاتِ الدُّنْيَا وَمَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِى دِينِنَا وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ الهُدَى، والتُّقَى، والعَفَافَ، والغِنَى

اللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِى الأُمُورِ كُلِّهَا وَأَجِرْنَا مِنْ خِزْىِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ و َمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن

وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Download PDFnya di https://bit.ly/MenjagaAgamaDariMisiMisionaris

Baca Juga