MENITI JALAN KESELAMATAN HAKIKI

Naskah Khutbah
Asdar
19 Jan 2023
MENITI JALAN KESELAMATAN HAKIKI

JUMAT, 27 Jumadil Akhir 1444 H / 20 Januari 2023 M Oleh Muhammad Ode Wahyu, S.Pd.I., S.H.

Dep. Dakwah DPD Wahdah Islamiyah Makassar

KHUTBAH PERTAMA

 

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وأَحْحَابِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ،  وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ ِبِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّار

أيها الناس رحمكم الله، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيَ بِتَقْوَى اللِه فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Semua orang ingin masuk ke dalam surga. Orang tua, remaja, nenek-nenek dan anak-anak semua ingin masuk ke dalam surga. Hal ini karena fitrah semua manusia ingin merasakan kebahagiaan dan kenikmatan abadi, serta ingin merasa jauh dari segala kesedihan dan penderitaan.

Banyak orang yang berharap masuk ke dalam surga, namun justru mencari jalan yang mengarahkannya pada neraka. Mereka berharap selamat, namun justru berjalan menuju kesesatan. Tidak ada pelita ilmu yang menerangi setiap pijakan langkah mereka, hingga berjalan berdasarkan prasangka dan pengada-adaan belaka, mengikuti orang lain yang juga berprasangka sebagaimana dirinya.

Allah Azza wajalla berfirman:

وَإِن تُطِعۡ أَكۡثَرَ مَن فِي ٱلۡأَرۡضِ يُضِلُّوكَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِۚ إِن يَتَّبِعُونَ إِلَّا ٱلظَّنَّ وَإِنۡ هُمۡ إِلَّا يَخۡرُصُونَ 

Terjemahnya: “Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).” (QS. Al-An’am: 5)

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Amalan utama yang dapat mengantarkan seseorang ke dalam surga adalah iman. Iman yang benar, yang tidak dicampur adukkan dengan kesyirikan dan kekufuran. Seorang harus beriman bahwa Allah adalah penciptanya, pemberi rezki untuknya, yang mematikan, menghidupkan, memberi manfaat ataupun mudharat, serta Dialah satu-satunya Rabb yang berhak untuk disembah dan memanjatkan doa pada-Nya.

Seorang muslim tidak boleh mencampur adukkan keimanannya dengan kesyirikan. Sebab dengan itu keimanannya akan sia-sia dan ia akan dihukumi sebagai seorang pelaku syirik, yang disebut musyrik. Begitulah keadaan orang-orang kafir zaman dahulu, mereka beriman pada Allah sebagai Pencipta, Pemberi rezki, dan Pengatur alam semesta, namun mereka juga menyembah pada selain Allah.

Jika ditanyakan pada mereka, siapa yang menciptakan mereka, siapa yang menciptakan alam semesta, siapa yang memberikan rezki, mereka akan menjawab bahwa Allah Azza wajalla lah yang menciptakan dan memberi rezki.

Al-Qur’an membenarkan keimanan mereka tentang itu. Allah Azza wajalla berfirman:

وَلَئِن سَأَلۡتَهُم مَّنۡ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ لَيَقُولُنَّ خَلَقَهُنَّ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡعَلِيمُ 

Terjemahnya: “Dan sungguh jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?", niscaya mereka akan menjawab: "Semuanya diciptakan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui". (QS. Az-Zukhruf: 9)

Tapi, dengan keimanan itu, mereka ternyata menyekutukan Allah Azza wajalla dalam masalah penyembahan dan doa. Mereka berbuat syirik dengan berdoa pada selainNya, padahal mereka mengetahui bahwa Allah Azza wajalla lah sang pencipta dan sang Pemberi rezki.

Allah Azza wajalla juga berfirman:

وَلَئِن سَأَلۡتَهُم مَّنۡ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ لَيَقُولُنَّ ٱللَّهُۚ قُلۡ أَفَرَءَيۡتُم مَّا تَدۡعُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ إِنۡ أَرَادَنِيَ ٱللَّهُ بِضُرٍّ هَلۡ هُنَّ كَٰشِفَٰتُ ضُرِّهِۦٓ أَوۡ أَرَادَنِي بِرَحۡمَةٍ هَلۡ هُنَّ مُمۡسِكَٰتُ رَحۡمَتِهِۦۚ قُلۡ حَسۡبِيَ ٱللَّهُۖ عَلَيۡهِ يَتَوَكَّلُ ٱلۡمُتَوَكِّلُونَ 

Terjemahnya: “Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?", niscaya mereka menjawab: "Allah". Katakanlah: "Maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharatan kepadaku, apakah berhala-berhalamu itu dapat menghilangkan kemudharatan itu, atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka dapat menahan rahmat-Nya?. Katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku". Kepada-Nya-lah bertawakkal orang-orang yang berserah diri.” (QS. Az-Zumar ayat 38)

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Keimanan kaum musyrkin Quriasy hendaknya menjadi pelajaran, bahwa keimanan kepadaNya sebagai sang Pencipta dan pemberi rezki, tidak cukup untuk membuat seorang manusia selamat pada hari kiamat. Ia akan selamat jika ia beribadah hanya kepada Allah Azza wajalla saja dan tidak pada selainNya. Ketika ia menyembah, ia hanya menyembah Allah saja, ketika ia berdoa, ia hanya berdoa kepada Allah saja. Tidak pada jin penghuni gunung, tidak pada jin penghuni pohon yang dikeramatkan, tidak pada penghuni kuburan dan tidak pula pada jin yang dianggap sebagai penjaga lautan.

Semata-mata ibadah harus hanya ditujukan kepada Allah Azza wajalla. Siapa yang ingin selamat pada hari kiamat, itulah pintu jalan keselamatan. Siapa yang gagal dalam hal ini, maka ia akan menyeret dirinya sendiri pada lembah kebinasaan, di neraka wal’iyadzu billah.

Allah Azza wajalla berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱعۡبُدُواْ رَبَّكُمُ ٱلَّذِي خَلَقَكُمۡ وَٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ ٱلَّذِي جَعَلَ لَكُمُ ٱلۡأَرۡضَ فِرَٰشٗا وَٱلسَّمَآءَ بِنَآءٗ وَأَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءٗ فَأَخۡرَجَ بِهِۦ مِنَ ٱلثَّمَرَٰتِ رِزۡقٗا لَّكُمۡۖ فَلَا تَجۡعَلُواْ لِلَّهِ أَندَادٗا وَأَنتُمۡ تَعۡلَمُونَ 

Terjemahnya: “Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (QS. Al-Baqarah ayat 21-22)

Sahabat Nabi yang mulia, Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: "Janganlah kalian menyekutukan Allah dengan selain-Nya dari tandingan-tandingan yang tidak memberikan manfaat dan mudharat, sedang kalian mengetahui bahwa tidak ada Rabb yang memberi Rezki kepada kalian selain-Nya, dan kalian mengetahui bahwa yang didakwahkan kepada kalian oleh rasul agar kalian mentauhidkan-Nya. Itulah yang benar dan tidak perlu ragu terhadapnya." (Tafsir ath-Thabari: 1/276).

Allah Azza wajalla berfirman:

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَغۡفِرُ أَن يُشۡرَكَ بِهِۦ وَيَغۡفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُۚ وَمَن يُشۡرِكۡ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱفۡتَرَىٰٓ إِثۡمًا عَظِيمًا 

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An-Nisa: 48)

Allah Azza wajalla juga berfirman:

فَمَن كَانَ يَرۡجُواْ لِقَآءَ رَبِّهِۦ فَلۡيَعۡمَلۡ عَمَلٗا صَٰلِحٗا وَلَا يُشۡرِكۡ بِعِبَادَةِ رَبِّهِۦٓ أَحَدَۢا 

Terjemahnya: “Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya". (QS. Al-Kahfi ayat 110)

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Seorang yang memiki hajat, hendaklah ia meminta kepada Allah dalam doa-doanya, bukan pergi pada tempat-tempat yang dianggap keramat lalu meminta hajat padanya, berdoa kepadanya. Seperti yang dilakukan orang-orang musyrik zaman dahulu, mereka membuat patung yang mereka asumsikan sebagai posisi malaikat, lalu beribadah padanya agar nanti para malaikat yang akan memberikan syafa’at kepada Allah, lalu mereka menjadi sangat dekat kepada Allah.

Hal ini sebagaimana yang disebutkan Allah dalam surah az-Zumar:

أَلَا لِلَّهِ ٱلدِّينُ ٱلۡخَالِصُۚ وَٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُواْ مِن دُونِهِۦٓ أَوۡلِيَآءَ مَا نَعۡبُدُهُمۡ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَآ إِلَى ٱللَّهِ زُلۡفَىٰٓ إِنَّ ٱللَّهَ يَحۡكُمُ بَيۡنَهُمۡ فِي مَا هُمۡ فِيهِ يَخۡتَلِفُونَۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَهۡدِي مَنۡ هُوَ كَٰذِبٞ كَفَّارٞ 

Terjemahnya: “Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.” (Qs. Az-Zumar: 3).

Semoga Allah menjaga kita dan keturunan kita dari segala macam kesyirikan, aamiin...

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الكِتَابِ وَالسُّنَّةِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيهِمَا مِنَ العِلْمِ وَالْحِكْمَةِ، أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ، إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.


KHUTBAH KEDUA

الْحَمْدُ للهِ عَلَىْ إِحْسَاْنِهِ ، وَالْشُّكْرُ لَهُ عَلَىْ تَوْفِيْقِهِ وَامْتِنَاْنِهِ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَاْ إِلَهَ إِلَّاْ اللهُ تَعْظِيْمَاً لِشَأْنِهِ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدَاً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْدَّاْعِيْ إِلَىْ رِضْوَاْنِهِ صَلَّى اللهُ عَلِيْهِ وَعَلَىْ آلِهِ وَأَصْحَاْبِهِ وَإِخوَانِهِ

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا اَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ، وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Seorang yang memiliki iman yang baik adalah seorang yang tunduk dan patuh dengan sepenuh jiwa kepada Allah Azza wajalla. Ia  tidak setengah-setengah dalam keimanannya, tidak pula ragu pada seruan Allah dan RasulNya. Jika Allah menetapkan syariat, ia tunduk dan menerimanya dengan lapang dada sepenuh hatinya.

Berbeda dengan orang-orang yang rusak imannya, kata tunduk hanyalah ucapan yang keluar dari lisannya tapi tidak dibenarkan oleh hatinya. Apabila mereka diajak pada apa yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, mereka akan mengatakan tidak, mereka lebih memilih apa yang mereka dapatkan dari kebiasaan-kebiasaan orang tua-orang tuanya dahulu yang tidak didasari pada ilmu yang benar. Dan sifat seperti ini dicela dalam a-Qur’an, Allah Azza wajalla berfirman:

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ ٱتَّبِعُواْ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ قَالُواْ بَلۡ نَتَّبِعُ مَآ أَلۡفَيۡنَا عَلَيۡهِ ءَابَآءَنَآۚ أَوَلَوۡ كَانَ ءَابَآؤُهُمۡ لَا يَعۡقِلُونَ شَيۡ‍ٔٗا وَلَا يَهۡتَدُونَ 

Terjemahnya: “Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah," mereka menjawab: "(Tidak), tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami". "(Apakah mereka akan mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apapun, dan tidak mendapat petunjuk?". (QS. Al-Baqarah: 170)

Ketika menafsirkan ayat tersebut, Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Apabila dikatakan kepada orang-orang musyrik itu, ikutilah apa yang diturunkan Allah kepada Rasul-Nya, lalu tinggalkanlah perbuatan sesat dan jahil yang kalian lakukan.” Mereka menjawab, “Justru kami akan mengikuti apa yang kami dapati dari orang tua-orang tua kami dahulu.” Maka Allah pun mengingkari mereka, “Apakah kalian akan tetap mengikuti mereka sedang mereka tidak memiliki ilmu dan pemahaman serta tidak mendapatkan hidayah?” (Tafsir Ibnu Katsir: 1/187)

Seorang yang benar imannya kepada Allah akan tunduk dan taat kepada Allah. Tidak mencari alasan-alasan lain lagi, karena ia yakin tidak ada yang dapat menyelamatkan hidupnya pada hari kiamat kelak melainkan tunduk dan patuh kepada Allah Azza wajalla.

وَمَا كَانَ لِمُؤۡمِنٖ وَلَا مُؤۡمِنَةٍ إِذَا قَضَى ٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥٓ أَمۡرًا أَن يَكُونَ لَهُمُ ٱلۡخِيَرَةُ مِنۡ أَمۡرِهِمۡۗ وَمَن يَعۡصِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدۡ ضَلَّ ضَلَٰلٗا مُّبِينٗا 

Terjemahnya: “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.” (QS. Al-Ahzab: 36)

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah

Iman yang benar merupakan anugrah yang terindah dari Allah Azza wajalla. hendaklah kita menjaganya agar setan tidak menyesatkan kita pada jalan yang salah. Dan, hanya kepada Allah lah kita semua memohon perlindungan dan pertolongan, semoga Allah Azza wajalla meneguhkan kita di atas keimanan, hingga Allah Azza wajalla mematikan kita semua dalam keadaan husnul khatimah. Aamiin...

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَـٰۤىِٕكَتَهُۥ یُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِیِّۚ یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَیۡهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسۡلِیمًا

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ . وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ،فِي العَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ،يَا سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً  إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا تَقَبَّل مِنَّا وَقِيَامَنَا وَسَائِرَ أَعمَالِنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَ المُسْلِمِيْنَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَ المُشْرِكِينَ وَأَعدَاءَكَ يَا عَزِيزٌ يَا قَهَّارٌ يَا رَبَّ العَالَمِينَ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ


Download PDF-nya di https://bit.ly/MenitiJalanKeselamatan

Baca Juga