Berbagi Kebahagiaan, 15 MWC Bagi Ifthar dan Sembako Bagi Kaum Dhuafa

Muslimah
Super Admin
28 May 2019
Berbagi Kebahagiaan, 15 MWC Bagi Ifthar dan Sembako Bagi Kaum Dhuafa

Salah satu warga Mariso, kakek  yang sudah berumur harus tinggal sendiri di rumah yang seharunya memberikan keamanan dan kenyamanan. Namun, harus merasakan tergenang walaupun hujan tidak mengguyur. Masih di Mariso, Pembina panti asuhan yang tanpa pamrih mengumpulkan anak yatim di rumahnya walaupun ditengah keterbatasan. Begitulah sedikit potret saudara kita kaum dhuafa yang ada di Kecamatan Mariso.

Sebagai wujud berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan serta mempererat ukhuwah islamiyah antar sesama umat muslim. Muslimah Wahdah Cabang (MWC)  mengadakan kegiatan "Tebar Ifthar dan Sembako Nusantara Bagi Kaum Dhuafa",  di masing-masing 15 kecamatan.

Departmen Sosial dan Kesejahteraan sebagai unit penanggungjawab kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang notabenenya berkekurangan. Selain itu, kegiatan ini pun sebagai wujud membagi kebahagiaan Ramadhan pada kaum dhuafa di seluruh Kota Makassar.

Adapun konsep dari kegiatan ini ialah mengundang pejabat pemerintah setempat seperti camat, lurah dan seluruh  saudara yang membutuhkan.

Namun sedikit berbeda di Mariso, setelah membagi di kegiatan bersama. Beberapa juga kaum dhuafa didatangi secara langsung, sehingga bisa lebih mengetahui kondisinya. Ketua MWC Mariso, Risnawaty Rasyid mengungkapkan kondisi perekonomian dan penduduk di Mariso rata-rata berpenghasilan rendah dan banyak kaum yang tidak mampu dan dhuafa. "Semoga bisa membantu warga sekitar walaupun tidak begitu banyak dan sebagai syiar di Kecamatan  Mariso," harapnya ketika diwawancarai.

Pun di Kecamatan Manggala, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan Ketua MWC Manggala, Kartini Mursalim berharap kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahun dengan perencanaan yang lebih baik dan matang. Sehingga tujuan dari kegiatan ini yakni berbagi kebahagiaan dengan dhuafa bisa dirasakan di bulan penuh berkah.

Sama halnya di Kecamatan Biringkanaya yang secara mandiri sudah tiga tahun melaksanakan kegiatan ini. Konsep yang diusung di Biringkanaya serupa yang ada di kecamatan lainnya yakni mengundang untuk berkumpul bersama dan membagikannya.  Ketua MWC, Sumarlina mengungkapkan, untuk dhuafa yang sakit dan tua akan dibawakan langsung ke rumahnya. Harapan yang sama pun terbersit agar kegiatan ini bisa lebih menjangkau kaum dhuafa di Biringkanaya secara lebih luas lagi.

Unit Departemen Sosial Muslimah Wahdah Daerah (MWD) Makassar sebagai lembaga yang mengarah dan mengontrol MWC memberikan tanggungjawab ke masing-masing MWC untuk target dhuafa sesuai kemampuan SDM dan dana. Rahmawati Ukkas, selaku Ketua Unit Sosial MWD berharap kegiatan seperti ini tidak hanya di bulan Ramadhan saja. "Semua kecamatan bisa lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap sesama bukan hanya di bulan Ramadhan saja," harapnya.