Beginilah Tarbiyah Kita

Tarbiyah
Super Admin
29 Sep 2019
Beginilah Tarbiyah Kita

Diantara keistimewaan Tarbiyah bermarhalah di Wahdah Islamiyah yaitu pada tingkat dasar yang dikenal dengan ‘marhalah ta’rifiyah’ adalah penuntut ilmu pemula diajarkan dan diperkenalkan secara khusus dasar-dasar penting ilmu Islam yang wajib untuk diketahui Silabusnya dibuat oleh para asatidzah yang merangkum ilmu-ilmu dasar dengan penyajian yang sederhana dan mudah untuk difahami dengan merujuk pada kitab-kitab para ulama,..


Kabalikannya dengan yang mau belajar tanpa melalui jenjang, terkesan ilmiyah mengkaji kitab, menyebut sumber secara lengkap, perawi secara runut, padahal masih baru menapaki jalan menuntut ilmu, masih sabuk putih dalam beladiri karate.. Rentan melahirkan murid-murid yang merasa benar sendiri, kurang bijak dalam memvonis bahkan bisa jadi ia mengeluarkan penuntut ilmu yang lain dari lingkaran manhaj salaf. Manhajnya kokoh seperti karang, saking kokohnya muka pun sulit tersenyum jika berjumpa sesama muslim,.. Allahul musta’an..


Wahdah Islamiyah tidaklah ma’sum, dia juga hanya wasilah dan bukan tujuan, namun saya termasuk yang sangat merasakan jasanya bahwa hidayah sunnah mulai menyapaku lewat lembaga tersebut, lewat para asatidzah yang memiliki ilmu yang sangat mumpuni namun berbalut ketawadhu’an dan kelembutan...


Sekarang saya ditakdirkan termasuk ‘pemegang’ jabatan penting di lembaga ini yang otomatis terkadang dan sering bersama asatidzah senior dalam rapat atau pertemuan yang notabene guru-guru saya di awal saya menuntut ilmu dulu. Saya merasa sangat dihormati, kalo saya berbicara dengan khusyuk mereka menyimak padahal saya tahu apa yang saya sampaikan sudah ‘tamat’ bagi mereka sebelum saya mulai menuntut ilmu. Tak nampak mereka merasa pernah menanam jasa pada saya, yang terkadang membuat saya lupa bahwa mereka-mereka itulah yang mengajarkan kepadaku dasar-dasar ilmu syar’i bermanhaj salaf, bahkan mengajarkan kepadaku perbedaan antara fi’il, fa’il dan maf’ulun bih dll...


Hafidzakumullah asatidzaty dan semoga Wahdah Islamiyah semakin eksis dan dijaga dari segala keburukan dan fitnah, yang nampak dan yang tersembunyi..


#Ayotarbiyah di Wahdah Islamiyah..

===============

Editor: Ustadz Muhammad Istiqamah, Lc.