Panduan Shalat Gerhana

Fiqh
Admin WIM
19 Nov 2021
Panduan Shalat Gerhana

Dalam Al-Qur’an Surah Fushilat ayat 37 yang artinya “Dan sebagian dari tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan jangan (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” .Kemudian diperjelas dalam hadis Rasulullah  yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari sahabat Abu Mas’ud Al Anshari yang artinya َ“Sesungguhnya matahari dan bulan dua di antara tanda-tanda (kebesaran) Allah, Allah mempertakuti para hamba-Nya dengan dua tanda tersebut, matahari dan bulan mengalami gerhana bukan karena ada seseorang yang meninggal dunia maka jika engkau melihat kejadian gerhana salatlah dan berdoalah kepada Allah hingga gerhana sirna dari kalian.”

Dari ayat dan hadist tersebut maka kita anjurkan untuk melaksanakan shalat gerhana. Salat gerhana ini hukumnya sunah muakadah menurut jumhur ulama. Namun kita tidak boleh asal sholatloh. Agar ibadah kita diterima, selain karena niat ikhlas berharap pahala melimpah dari Allah subahanahu Watala, juga diperlukan panduan yang sesuai dengan sunnah rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Maka kami dari Wahdah Islamiyah Makassar menuliskan kembali tentang shalat gerhana yang kami kutip dari imbauan pelaksanaan shalat gerhana sebagian yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Wahdah Islamiyah.

Dalam pelaksanaa salat gerhana hanya dilaksanakan jika gerhana terlihat di wilayah masing-masing. Kita juga dianjurkan untuk menghidupkan beberapa ibadah yang dianjurkan ketika terjadinya gerhana, seperti salat, memperbanyak zikir, doa, istigfar, sedekah dan amal saleh lainnya. Ingat! Salat gerhana dikerjakan dengan dua rakaat dengan mengeraskan bacaan surah dalam salat, dan setiap rakaat dua kali rukuk dan dua kali sujud. Untuk waktu pelaksanaan salat gerhana bisa dilaksanakan sejak awal terjadi gerhana dan batas akhir pelaksanaanya pada saat berakhirnya gerhana.

Disunahkan dilaksanakan secara berjemaah, namun boleh juga dilaksanakan secara sendiri-sendiri, akan tetapi jumhur ulama memandang lebih utama dilaksanakan secara berjamaah. Karena tulisaan ini dimuat saat negara kita pandemi Covid-19,  maka diharapkan yang melaksanakan secara berjamaah di masjid tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan. Disunahkan juga untuk diserukan kalimat “asshalatu jaami’ah” pada saat hendak dilaksanakan salat gerhana dan tidak disyariatkan pelaksanaan azan dan ikamah.


Secara ringkas berikut Tata Cara Salat Gerhana,

1. Imam berdiri bertakbir lalu membaca surah al-Fatihah dengan menjaharkannya lalu membaca surah yang panjang, lalu rukuk dengan rukuk yang lama meskipun lebih pendek dari ketika berdiri membaca surah, lalu bangkit dari rukuk dengan mengucapkan: “Sami’allahu liman hamidah, rabbanaa walakal hamdu”. Lalu berdiri dengan berdiri yang lama dengan membaca surah al-Fatihah dan surah lainnya meskipun lebih pendek dari berdiri yang pertama.

2. Lalu rukuk dengan rukuk yang lama meskipun lebih pendek dari rukuk yang pertama, lalu sujud dengan sujud yang lama, kemudian duduk di antara dua sujud, kemudian sujud dengan sujud yang lama.

3. Kemudian melanjutkan salat di rakaat kedua seperti pada rakaat yang pertama dengan dua kali rukuk yang panjang dan dua kali sujud yang panjang seperti yang dilakukan pada rakaat pertama kemudian tasyahud lalu salam.

4. Setelah melaksanakan salat gerhana disunahkan berkhotbah kepada para jemaah dengan memberikan peringatan kepada mereka agar tidak lalai dan hanya takut kepada Allah, serta memerintahkan mereka untuk memperbanyak doa dan istigfar.

5. Jika telah selesai salat sebelum berakhirnya gerhana, maka dianjurkan untuk berzikir kepada Allah dan berdoa hingga berakhirnya gerhana dan tidak perlu mengulang salat.

6. Dan jika gerhana telah berakhir pada saat sementara salat, maka salat tetap dilanjutkan hingga selesai meskipun tidak memperpanjang lagi salatnya.

7. Tidak dianjurkan mengqada salat gerhana jika gerhana telah berakhir sebelum salat.

Demikian panduan shalat gerhana, semoga bermanfaat.

Baca Juga