JANGAN MARAH, BAGIMU JANNAH

Naskah Khutbah
Asdar
26 Dec 2023
JANGAN MARAH, BAGIMU JANNAH

JUMAT, 26 Rabiulakhir 1445 H / 10 November 2023 M
 Oleh Muhammad Harsya Bachtiar, Lc., M.A.

Dep. Dakwah DPD Wahdah Islamiyah Makassar

KHUTBAH PERTAMA

 

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ..

اللهم صلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ،  وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ ِبِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّار

أَيُّهَا النَّاسُ رَحِمَكُمُ اللهُ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيَ بِتَقْوَى اللِه فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…

Salah satu tujuan diutusnya Nabi saw adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Diantara akhlak yang mulia yang diajarkan oleh Nabi saw adalah menahan amarah. Di dalam hadis, Nabi saw bersabda kepada seorang sahabat yang meminta nasihat kepadanya:

لَا تَغْضَبْ ( رَوَاهُ البُخَارِي(

 “Janganlah engkau marah.” (HR. Bukhari).

Jamaah Jumat yang dirahmati oleh Allah…

Dari hadis ini kita dapat mendapatkan beberapa pelajaran yang di antaranya:

  • Hadis ini adalah hadis yang agung yang menjelaskan tentang salah satu sifat buruk yang harus senantiasa dihindari oleh seorang muslim yaitu sifat pemarah. Seorang muslim bukanlah seorang yang pemarah melainkan seorang yang berlemah lembut kepada sesamanya. Di dalam hadis, Nabi saw bersabda:

لَيْسَ الْمُؤْمِنُ بِالطَّعَّانِ، وَلَا اللَّعَّانِ، وَلَا الفَاحِشَ، وَلَا البَذِيْءَ

Artinya: “Seorang mukmin bukanlah orang yang banyak mencela, bukan orang yang banyak melaknat, bukan pula orang yang keji (buruk akhlaqnya), dan bukan orang yang jorok omongannya” (HR. Tirmidzi, no. 1977; Ahmad, no. 3839 dan lain-lain)

  • Makna jangan marah yang dimaksud sebagaimana yang dijelaskan oleh para ulama adalah tidak mengikuti apa yang diperintahkan oleh diri ketika marah, baik perintah untuk mengeluarkan perkataan buruk atau perintah untuk melakukan perbuatan buruk, dalam artian menahan diri ketika marah datang. Hal ini sebagaimana hadis Nabi shallallahu alaihi wasallam:

لَيْسَ الشَّدِيْدُ بِالصُّرَعَةِ، إِنَّمَا الشَّدِيْدُ الَّذِيْ يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الغَضَبِ متفق عليه

Artinya: “Orang yang kuat bukanlah dengan gulat, namun orang yang kuat adalah yang menahan dirinya ketika marah” )HR.Bukhari dan Muslim(.

  • Menahan amarah adalah sifat yang terpuji. Allah subhanahu wata’ala berfirman tentang salah satu sifat dari sifat-sifat orang yang bertaqwa:

وَٱلۡكَٰظِمِينَ ٱلۡغَيۡظَ وَٱلۡعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِۗ

Terjemahnya: “Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) manusia” (QS. Ali Imran ayat 134).

Di dalam hadis, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَن كَظَمَ غيظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يَنْفِذَهُ دَعَاهُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُؤُوْسِ الخَلَائِقِ يَوْمَ القِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرُهُ اللهُ مِنْ الحُوْرِ مَا شَاءَ ( رواه الترمذي وأبو داود).

Artinya: “Barang siapa yang menahan amarahnya -padahal ia mampu melampiaskannya- maka Allah akan memanggilnya di hari kiamat kelak di depan seluruh makhluk-Nya sampai ia diberikan kebebasan untuk memilih dari bidadari mana saja yang ia mau”. HR.At-Tirmidzi dan Abu Daud.

  • Diantara kiat-kiat menahan amarah yang perlu dibiasakan oleh seseorang jika ingin memperoleh keutamaan di atas antara lain:
  • Berta’awwudz (Mengucapkan: Audzubillahi minassyaitoni rrajim).
  • Mengingat keutamaan menahan amarah.
  • Mengingat akibat buruk yang akan ditimbulkan dari sifat marah.
  • Diam.
  • Duduk ketika sedang berdiri dan berbaring ketika sedang duduk.
  • Mengingat kelembutan Allah pada hamba-hamba-Nya.
  • Dalam keadaan tertentu seperti terjadinya pelecehan terhadap syariat atau simbol-simbol agama, maka diperbolehkan marah karena Allah dan Rasul-Nya. Marah juga diperbolehkan dalam keadaan apabila ada saudara-saudara kita kaum muslimin yang dilecehkan, ditindas dan dizalimi seperti yang terjadi pada saudara-saudara kita di bumi Palestina.
  • Tidak bisa menahan amarah menjadi sebab utama banyaknya perbuatan yang berakibat penyesalan. Seorang suami yang menyesal menceraikan istrinya, seorang ibu yang menyesal telah memukul anaknya, seorang teman yang menyesal telah membunuh temannya tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena tidak mampu mengendalikan amarah.
  • Hadis ini menunjukkan mukjizat Jawami’ul Kalim dari Nabi shallallahu alahi wasallam yang dengan lafaz singkat dalam hadis ini terkumpulkan seluruh dari kebaikan dunia dan akhirat. Imam Al-Jardani rahimahullah mengatakan tentang hadis ini:

إِنَّ هَذَا الحَدِيْثَ حَدِيْثٌ عَظِيْمٌ، وَهُوَ مِنْ جَوَامِعِ الكَلِمِ؛ لِأَنَّهُ جَمَعَ بَيْنَ خَيْرَيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ) جواهر اللؤلؤية، ص: 147-148.

Artinya: “Hadis ini adalah hadis yang agung, dan ia termasuk dari Jawami’ul Kalim karena ia mengumpulkan antara dua kebaikan, kebaikan dunia dan kebaikan akhirat”. (Kitab Jawahir Al-Lu’luiyyah hal: 147-148).

Semoga Allah memberikan kepada kita kelembutan hati dan kesantunan lisan agar menjadi hamba-hamba yang senantiasa mampu mengendalikan amarah dan tidak melampiaskannya kecuali di jalan yang Allah ridhai...

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الكِتَابِ وَالسُّنَّةِ وَنَفَعَنِي وَإِيَاكُمْ بِمَا فِيهِمَا مِنَ العِلْمِ وَالْحِكْمَةِ، قُلْتُ مَا سَمِعْتُمْ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ، إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

KHUTBAH KEDUA

الْحَمْدُ للهِ عَلَىْ إِحْسَاْنِهِ ، وَالْشُّكْرُ لَهُ عَلَىْ تَوْفِيْقِهِ وَامْتِنَاْنِهِ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَاْ إِلَهَ إِلَّاْ اللهُ تَعْظِيْمَاً لِشَأْنِهِ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدَاً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْدَّاْعِيْ إِلَىْ رِضْوَاْنِهِ صَلَّى اللهُ عَلِيْهِ وَعَلَىْ آلِهِ وَأَصْحَاْبِهِ وَإِخوَانِهِ

فَيَا اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا االلهَ تَعَالىَ وَذَرُوا الْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَ وَمَا بَطَنْ، وَحَافِظُوْا عَلىَ الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ.

Jamaah Jumat yang berbahagia…

Sebagai seorang Muslim, kepedulian terhadap kemanusiaan dan keadilan adalah prinsip sentral dalam ajaran Islam. Islam mendorong umatnya untuk berdiri di sisi kebenaran, menentang penindasan, dan membela hak asasi manusia. Oleh karena itu, seorang Muslim seringkali merasa marah dan prihatin terhadap tindakan kekerasan dan kezaliman, termasuk genosida yang terjadi di Palestina.

Perhatian terhadap situasi di Palestina juga memiliki akar sejarah dan religius dalam Islam. Kota suci Palestina, yaitu Al-Quds (Jerusalem), adalah tempat penting bagi umat Muslim karena mengandung tempat suci seperti Masjid Al-Aqsa dan Kubah Shakhrah. Kehadiran rezim pendudukan yang melanggar hak asasi manusia di Palestina, serta tindakan kekerasan dan penindasan yang dialami oleh rakyat Palestina, merupakan pelanggaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan ketidakadilan yang perlu ditentang oleh seluruh Muslim.

Namun, penting untuk dicatat bahwa marah dalam konteks ini adalah marah yang diarahkan pada tindakan dan kebijakan yang melanggar hak asasi manusia, bukan marah yang melahirkan kekerasan atau permusuhan yang tak terkontrol. Islam mendorong umatnya untuk bertindak dengan bijaksana dalam menghadapi kezaliman dan mempromosikan perdamaian dan keadilan.

Semoga Allah mengembalikan Masjidil Aqsha ke pangkuan kaum muslimin, dan menghancurkan makar musuh-musuhNya dan musuh kaum Muslimin, aamin...

اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ . وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ،فِي العَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ،يَا سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.
 اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَ المُسْلِمِيْنَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَ المُشْرِكِينَ وَدَمِّرْ أَعْدَاءَكَ أَعدَاءَ الدِّيْنَ يَا عَزِيزٌ يَا قَهَّارٌ يَا رَبَّ العَالَمِينَ

اَللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَانَنَا المُستَضْعَفِيْنَ فِي غَزَّة، اَللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَانَنَا الْمُجَاهِدِيْنَ فِي فِلِسْطِيْنَ
 اَللَّهُمَّ أَيِّدْهُمْ بِتَأْيِيْدِكَ، وَاحْفَظْهُمْ بِحِفْظِكَ، يَا قَوِيُّ يَا عَزِيزٌ

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً  إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا تَقَبَّل مِنَّا وَقِيَامَنَا وَسَائِرَ أَعمَالِنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ


Download PDFnya di https://bit.ly/JanganMarahBagimuJannah

Baca Juga