Pembukaan Mukerda X Wahdah Islamiyah Makassar Gaungkan Kemandirian Organisasi

Berita
Admin WIM
26 Sep 2021
Pembukaan Mukerda X Wahdah Islamiyah Makassar Gaungkan Kemandirian Organisasi

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah (WI)Kota Makassar secara resmi membuka Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) X, hari Sabtu, 25 September 2021. Musyawarah terkait rencana program kerja tahunan DPD WI Makassar dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berlokasi di Grand Town Hotel, Jl. Pengayoman, Makassar mengangkat tema "Membangun Kemandirian Organisasi Menuju Layanan Dakwah dan Keummatan yang Prima di Kota Makassar". Mukerda ini rencananya akan dilaksanakan dua hari, yaitu hari Sabtu-Ahad, 25-26 September 2021.

Pembukaan Mukerda diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Al Akh Dzulkarnain, S.E, M.E. Lalu sambutan Ketua DPD WIM Kota Makassar, Ustaz Gishar Hamka, S. Pd. I, hingga sambutan sekaligus  membuka secara resmi oleh Ustaz Mukmin, sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Wahdah Islamiyah Sulawesi Selatan.

Dalam sesi sambutan, Ketua DPD WI Kota Makassar, Ustaz Gishar berharap pengurus istiqomah dan melihat momentum yang berharga. Menyamakan frekuensi dan semangat sesama pengurus penting agar pengembangan dakwah di Kota Makassar bisa lebih baik lagi.

Ustaz Gishar kemudian menyampaikan keinginannya agar peran Wahdah Islamiyah di kota Makassar juga bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat di tengah berbagai hambatan dakwah. Hal ini disampaikan dengan melihat dukungan pemerintah kota Makassar tentang masalah keummatan. Ditambah dengan kolaborasi organisasi masyarakat yang telah berjalan baik di Kota Makassar.  "Alhamdulillah masyarakat sudah mengenal Wahdah Islamiyah, pemerintah juga peduli pada masalah keummatan. Bersama Ormas juga selalu duduk bareng. Ini merupakan tantangan program sangat kecil, maka perlu strategi program kerja mengenai keberadaan Wahdah Islamiyah dapat dirasakan oleh masyarakat," papar Ustadz Gishar.

Ustadz Gishar kemudian menambahkan harapan-harapanya di setiap departemen. Diantaranya yaitu informasi adanya Departemen Ekonomi Kreatif di periode ini.

Selain itu, beliau juga menargetkan agar Departemen Pendidikan mendirikan Taman Kanak-kanak di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Makassar. Untuk persebaran anggota dan informasi lainnya bisa dilakukan secara profesional menggunakan teknologi, seperti pengembangan SIDOWI yang telah mulai dijalankan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Wahdah Islamiyah yang diwakili oleh Ustaz Mukmin, sekretaris DPW WI menyampaikan aspreasinya mengenai perkembangan DPD Kota Makassar yang luar biasa. "DPD Makassar sudah luar biasa, dengan adanya kantor. Membuat suprise yang ada di DPW, "ucap Ustaz Mukmin dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Ustaz Mukmin juga menyampaikan pesan dari Ketua DPW WI, Ustadz Masdin Udu, S. H. Beliau mengatakan bahwa program kerja agar dibuat mengarah pada Visi Misi 2030 Wahdah Islamiyah. Utamanya untuk pencapaian jumlah kader dan untuk empat bulan ke depan bisa fokus dalam mendukung Muktamar Wahdah Islamiyah yang ke 4.

DPW Wahdah Sulsel juga berharap agar solidasitas antar pengurus bisa lebih kuat lagi. Untuk itu ukhuwah agar terus ditingkatkan. Terakhir, sebelum membuka secara resmi, Ustaz Mukmin yang menyampaikan pesan Ketua DPW agar selalu meminta pertolongan kepada Allah agar selalu dimudahkan nantinya. "Sadari bahwa kita ini adalah lemah, maka selalulah minta pertolongan kepada Allah."nasihatnya dihadapan  seluruh pengurus DPD Wahdah Islamiyah Makassar yang didominasi oleh pemuda.