Wahdah Makassar Adakan Tabligh Akbar Bersama Ulama Timur Tengah

Berita
Abu Hasan
04 Jan 2020
Wahdah Makassar Adakan Tabligh Akbar Bersama Ulama Timur Tengah

Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Makassar bekerja sama dengan Pengurus Masjid Nurul Badar Ujung Bori adakan tabligh akbar bersama Ulama Timur Tengah. Kegiatan ini diadakan pada hari sabtu (04/01/2020) pada pukul 10.30 s.d. 11.45 waktu setempat dengan tema Mengenal Surga, Neraka, & Penghuninya yang dihadiri oleh kurang lebih 400 orang peserta.

Peserta tabligh akbar ini berasal dari kalangan umum, baik ikhwan (laki-laki) maupun akhwat (perempuan). Peserta ikhwan di lantai 1, bukan hanya para orang tua, namun remaja dan anak-anak, terlihat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Demikian pula di lantai 2 yang dihadiri oleh akhwat, selain orang tua, juga remaja dan anak-anak.

Penerjemah tabligh akbar kali ini adalah Al-Ustaz Fadlan Akbar, Lc., M.H.I. hafidzhahullah. Sedianya, materi ini sesuai rencana, dibawakan oleh tiga syekh sekaligus, namun hanya dua syekh yang hadir. Syekh yang satunya berhalangan.

Syekh yang hadir adalah Syekh Sholah Az-Zayaat hafidzhahullah (Dosen Hadits Universitas Amir Sattam bin Abdul Aziz, Arab Saudi), dan Syekh Majid Az-Zaamil hafidzhahullah (Dosen Bahasa Arab, Universitas Imam Abdurrahman bin Faishal, Arab Saudi). Sementara Syekh Abdurrahman Al-'Uqail hafidzhahullah, berhalangan hadir. Kedua syekh tersebut, silih berganti menjelaskan bagaimana keindahan surga.

Selain itu, disebutkan pula tentang empat diantara penyebab seseorang dimasukkan ke dalam surga, yaitu

  1. Jaga tauhid kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan jauhi syirik,
  2. Mengikuti atau meneladani Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam segala hal,
  3. Bersabar dalam menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta'ala, dan bersabar dalam menjauhi larangan Allah subehanahu wa ta'ala, dan
  4. Dengan Al-Qur'anul Karim (membacanya, mentadabburinya, menghafalkannya, dan mengaplikasikannya).

Berhubung waktu yang sangat terbatas, tabligh akbar kali ini, tidak sempat dibahas tentang Neraka dan Penghuninya.

Di akhir kegiatan, syekh mengadakan pertanyaan kepada para Peserta, dan yang berhasil menjawab, mendapatkan hadiah, berupa parfum dan kurma. Semua pertanyaan, dijawab oleh peserta dan semuanya mendapatkan hadiah dari syekh, bahkan dari akhwat pun mendapatkan bagian pertanyaan dan berhasil dijawab.

Setelah sesi pertanyaan dari syekh, kegiatan tabligh akbar ditutup lalu diikuti dengan dokumentasi bersama kedua syekh dengan para pengurus masjid dan masyarakat sekitar.

Dokumentasi Kegiatan